Categories
Finansial

Cara meningkatkan credit score

Apakah Anda ingin mendapatkan kredit rumah, pinjaman pembiayaan atau kartu kredit, credit score yang baik akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan persetujuan pinjaman hingga untuk mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah.

Berikut beberapa kiat untuk memastikan Anda bergerak ke arah yang benar.

Isi pengajuan dengan data seakurat mungkin

Karena pemberi pinjaman akan menggunakan ini untuk memeriksa nama, alamat, dan tempat tinggal Anda. Pemberi pinjaman perlu mengkonfirmasi rincian ini untuk memvalidasi siapa Anda sebelum memberikan atau menawarkan kredit. Jadi, jika data Anda tidak valid, itu dapat menyebabkan penundaan atau mengakibatkan aplikasi Anda ditolak. Banyaknya aplikasi yang ditolak akan mengakibatkan credit score Anda akan semakin rendah.

Tutup kartu kredit atau fasilitas pinjaman yang tidak Anda gunakan

Bank akan melihat jumlah yang berpotensi Anda pinjam sebagai bagian dari penilaian mereka. Jika Anda memiliki batas kredit sebesar misalnya Rp. 20 juta untuk kartu kredit baru yang tidak digunakan, sedangkan Anda sedang mengajukan kredit baru, pemberi pinjaman mungkin akan berpikir bahwa Anda dapat menghabiskan semuanya sekaligus. Jika Anda mempertimbangkan kartu kredit mana yang akan ditutup, lebih baik menutup kartu kredit yang usianya masih baru daripada yang sudah lama Anda dan miliki dengan sejarah yang baik.

Hindari pengajuan pada banyak Tempat

Terlalu banyak pengajuan dapat menunjukkan bahwa Anda berjuang untuk mendapatkan uang. Jika Anda hanya ingin membandingkan tarif, minta pemberi pinjaman Anda untuk melakukan ‘pencarian kutipan’ alih-alih ‘pencarian aplikasi kredit’.

Jangan menarik uang tunai dengan kartu kredit

Penarikan tunai berulang kali pada kartu kredit Anda dapat memengaruhi credit score Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak dapat memperoleh uang dari tempat lain. Dan itu juga bisa mahal karena Anda biasanya akan membayar biaya penarikan tunai dan tingkat bunga yang lebih tinggi jika Anda menggunakan kartu kredit Anda dengan cara ini.

Jangan menggunakan perusahaan jasa penutupan kartu kredit

Perusahaan penutupan kartu kredit atau pinjaman bisa lebih mahal dan mereka tidak dapat melakukan apa-apa diluar yang padahal dapat Anda lakukan sendiri. Sebaiknya Anda merestruktur dan melakukan perbaikan sendiri terhadap hutang-hutang Anda sedikit demi sedikit. Memang akan memakan waktu tetapi disitulah kepercayaan akan karakter Anda akan dapat tumbuh.