Categories
Finansial

Apa itu credit score?

Penilaian yang digunakan oleh Bank atau lembaga pembiayaan lainnya untuk menentukan apakah Anda layak atau tidak untuk memperoleh pinjaman. Sebagian besar perusahaan pembiayaan di Indonesia telah mengadopsi proses persetujuan menggunakan credit score sehingga Anda perlu memperhatikannya yang dapat mempermudah sewaktu-waktu jika Anda berencana untuk melakukan pinjaman.


Apa itu credit score?

“Credit Score” adalah angka yang menunjukkan seberapa tepercaya Anda sebagai peminjam, yaitu seberapa besar kemungkinan Anda melunasi pinjaman.

Sebelum bank maupun perusahaan pembiayaan setuju untuk meminjamkan uang kepada Anda, mereka perlu memahami seberapa besar kemungkinan Anda akan mengembalikannya. Untuk melakukan ini, mereka melihat riwayat pinjaman Anda serta informasi lain yang tersedia untuk umum tentang keuangan Anda.

Agen referensi kredit mengumpulkan informasi tentang riwayat keuangan Anda dan menghasilkan credit score. Bank kemudian menggunakan informasi dari agen-agen ini ketika membuat keputusan tentang apakah akan memberi Anda kredit. Mereka juga menggunakannya saat menentukan jumlah yang dapat Anda bayar.

Faktor apa yang mempengaruhi suatu credit score?

Credit score Anda didasarkan pada seberapa baik Anda mengelola uang Anda. Riwayat kehilangan atau pembayaran yang terlambat pada kartu kredit atau pinjaman yang ada dapat berdampak negatif pada credit score Anda.
Sulit bagi pemberi pinjaman untuk menilai risiko pinjaman kepada seseorang yang tidak memiliki banyak kredit di masa lalu. Jadi, jika Anda belum pernah meminjam sebelumnya, hal ini juga dapat berdampak negatif pada credit score Anda.

Credit Score vs Credit Rating

Credit score dan credit rating adalah alat yang digunakan oleh pemberi pinjaman untuk memutuskan seberapa layak Anda kredit. Score bersifat numerik, sementara rating menunjukkan posisi Anda dalam skala atau dalam suatu garis banding. Tidak ada credit score yang universal atau credit rating. Pemberi pinjaman dan agen referensi kredit yang berbeda menilai orang secara berbeda menggunakan alat yang berbeda.

Mengapa penting mempunyai credit score yang baik?

Skor yang lebih tinggi berarti Anda memiliki riwayat kredit yang baik, dan umumnya lebih layak kredit (atau kurang berisiko). Skor kredit Anda adalah salah satu input utama yang digunakan banyak bank ketika memutuskan apakah akan meminjamkan uang kepada Anda atau apakah mereka harus menambah ukuran batas kredit Anda.

Ini juga digunakan setiap saat Anda mengajukan permohonan kartu kredit, hipotek, atau pinjaman pribadi, dan dapat berdampak pada semakin banyak transaksi lainnya.

Misalnya, apakah Anda memenuhi syarat untuk pembiayaan di dalam toko saat melakukan pembelian besar atau untuk menentukan kelayakan Anda untuk beberapa utilitas atau paket ponsel.

Cara meningkatkan credit score

Jika Anda ingin meningkatkan credit score Anda, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menunjukkan pengelolaan uang Anda dengan baik. Ini berarti melakukan pembayaran tepat waktu dan melunasi hutang yang ada sesegera mungkin.